Cara Mengonsumsi Nasi Putih yang Sehat, Perhatikan Kombinasi Lauk

Merdeka.com – Nasi putih telah lama menjadi makanan perlu bagi beberapa besar masyarakat Indonesia. Di mana tiap-tiap masyarakat mengkonsumsi nasi putih hampir tiap-tiap hari. Bahkan, beberapa orang beranggapan, bahwa belum makan nasi maka belum makan dengan benar. Tak heran, jika nasi menjadi makanan pokok yang tetap tersaji tiap-tiap hari.

Ternyata di balik rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, dikatakan bahwa nasi putih memiliki kandungan nutrisi yang lebih sedikit dibandingkan jenis beras lain, seperti beras merah. Bahkan, beberapa penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi nasi putih dikaitkan dengan pertumbuhan penyakit diabetes jenis 2 sebab miliki kandungan gula yang terlalu tinggi.

Oleh sebab alasan tersebut, tak sedikit orang mengganti mengkonsumsi nasi putih dengan nasi merah untuk alasan kesehatan. Meskipun begitu, bagi pecinta nasi putih tak perlu khawatir. Anda tetap bisa mengkonsumsi nasi putih dengan lebih sehat jika memperhatikan kombinasi lauk yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca Juga

20 faedah Kesehatan Luar Biasa yang Terdapat di Dalam Pisang

Cara Aman bagi Pasien Diabetes untuk Makan Nasi Putih Menurut Dokter

Tips Sehat dan Tepat Konsumsi Air Putih Berdasarkan Usia Seseorang

ADVERTISEMENT

Dalam hal ini, terkandung beberapa langkah mengkonsumsi nasi putih yang sehat bisa Anda praktikkan sehari-hari. Mulai dari mengkonsumsi nasi putih dengan lauk kacang polong dan buncis, sayuran dan daging, ikan, sampai paprika. Berbagai kombinasi lauk ini bisa menyeimbangkan asupan nutrisi yang Anda mengkonsumsi sehari-hari.

Dilansir dari Healhtline, selanjutnya beberapa langkah mengkonsumsi nasi putih yang sehat, bisa menjadi petunjuk Anda.

Cara Mengonsumsi Nasi Putih yang Sehat: Kacang Polong dan Buncis, Sayuran dan Daging, Ikan

Kacang Polong dan Buncis

Cara mengkonsumsi nasi putih yang sehat pertama bisa dengan kombinasi lauk kacang polong dan buncis. Kacang polong dan buncis kaya dapat kandungan serat, antioksidan, nutrisi sehat lainnya. Berbagai kandungan di dalam kacang polong dan buncis dikaitkan dengan penurunan gula darah, kandungan kolesterol, dan tekanan darah yang memadai baik.

Disajikan dengan nasi putih, kacang polong dan buncis bisa beri tambahan nutrisi protein lengkap dengan sembilan asam amino esensial yang memadai di dalamnya. Kombinasi sajian ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menerapkan diet vegetarian atau vegan. Dengan mengkonsumsi kacang polong dan buncis, Anda bisa memperoleh asupan protein yang cukup, sebagai pengganti protein dari makanan hewani. situs togel terpercaya

Sayuran dan Daging

Cara mengkonsumsi nasi putih yang sehat berikutnya bisa dengan kombinasi sayuran dan daging. Menurut pedoman yang direkomendasikan oleh Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 1/2 piring Anda perlu diisi dengan sayuran dan buah yang tidak memiliki kandungan tepung, seperempat piring daging merah atau unggas yang menyajikan protein, dan seperempat biji-bijian, dan sisanya adalah nasi putih.

Kombinasi sajian makanan ini bisa mendorong fleksibilitas dan keragaman nutrisi. Bukan cuma itu, beragam lauk ini terhitung bisa mendukung Anda mengkonsumsi nasi putih dengan langkah yang lebih sehat dan seimbang. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh asupan nutrisi yang baik dan lengkap tiap-tiap hari.

Ikan

Cara mengkonsumsi nasi putih yang sehat terhitung bisa dikombinasikan dengan ikan. Dikatakan, mengkonsumsi ikan setidaknya dua kali di dalam seminggu, dikaitkan dengan kondisi jantung, saraf, dan hati yang lebih sehat. Selain itu, ikan merupakan sumber protein penting, yang ditambah dengan antioksidan, dan nutrisi anti-inflamasi, terhitung asam lemak omega-3 yang ramah untuk jantung.

Cobalah mengkonsumsi nasi putih dengan ikan kari, ikan kreol, atau ikan tuna untuk santapan harian Anda. Jangan lupa untuk melampirkan lauk sayuran fresh atau dimasak non-tepung, untuk beri tambahan memadai asupan serat yang berfungsi untuk pencernaan.

Cara Mengonsumsi Nasi Putih yang Sehat: Mangkuk Nasi Vegetarian, Paprika Isi

Mangkuk Nasi Vegetarian

Cara mengkonsumsi nasi putih yang sehat sesudah itu yakni dengan sajian mangkuk nasi vegetarian, atau dikenal dengan sebutan vegetarian rice bowl. Ini adalah nasi yang disajikan di dalam mangkuk, lantas di tambahkan topping kacang, sayuran seperti selada, bawang, dan zaitun, alpukat untuk lemak sehat, dan juga saus untuk meningkatkan cita rasa.

Karena manfaatkan banyak bahan di wadah mangkuk yang memadai kecil, tentu otomatis Anda dapat menyita tiap-tiap lauk di dalam porsi yang lebih kecil, terhitung nasi. Ini bisa mendukung Anda kurangi mengkonsumsi nasi yang berlebihan.

Selain itu, kombinasi bahan lauk yang dijadikan topping bisa melengkapi keperluan nutrisi yang lebih baik. Seperti kandungan lemak terhadap alpukat dan saus berbahan minyak zaitun, bisa mendorong penyerapan vitamin yang larut di dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K, dan bisa mendukung kesegaran jantung dengan menurunkan kandungan kolesterol jahat di dalam tubuh. Bandar toto macau

Paprika Isi

Cara mengkonsumsi nasi putih yang sehat pilihan terakhir bisa dengan sebabkan sajian paprika isi. Dalam hal ini, paprika memiliki kandungan capsaicin, merupakan senyawa fitokimia yang terbukti di dalam melawan pertumbuhan kanker. Senyawa aktif di dalam paprika ini terhitung miliki cii-ciri anti inflamasi, penurun gula darah, anti jamur, antioksidan, dan cii-ciri lainnya yang berfungsi untuk mendukung kesegaran tubuh.

Jika tertarik, langkah penyajiannya memadai mudah. Potong bagian atas paprika ukuran besar sebanyak dua buah, lalu membersihkan bijinya. Panggang terhadap suhu 177 derajat Celsius selama 15-20 menit. Campurkan nasi putih matang, daging giling, jagung, dan keju, lalu isikan paprika panggang dengan campuran tersebut. Taburi dengan keju parut dan panggang ulang selama 15 menit terhadap suhu yang sama